eKTP eCAPEDEEE

eKTP atau electronic KTP mulai diterapkan bertahap. Kalau yg awalnya jadi percontohan daerah Tomang, Jakarta Barat, sekarang lg giliran Jakarta Timur. Hari minggu kemarin pak RT ngebagiin surat edaran ttg kewajiban kami warga RT 003 RW 02 utk dateng ke kelurahan bikin eKTP. Bagi warga RT 003, jadwalnya senin-rabu. Nah, hari ini batas akhir pembuatan.

Mama bela-belain ga masuk kerja demi jd warga yg baik memenuhi panggilan kelurahan. Saya sih nitip diambilin nomor antrean aja sama mama. Rencananya, siang mau curi-curi waktu kerja utk menunaikan tugas mulia sbg WNJ (Warga Negara Jakarta).

Jam 8 pagi, mama+bude+pakde+mbakgal berkelana ke kelurahan. Dateng jam segitu aja dpt nomor antrean udah puluhan. Ckckck antusias sekali tampaknya warga RW 02 bikin eKTP. Jeng jeng...saya dpt nomor 50 yg kira2 jam 12 siang gilirannya.

Pas jam 12 saya nyusul mereka di kelurahan. Udah jam istirahat sih. Tp untung msh ada petugasnya di ruang pemotretan (taelaaaahhh gaya). Si mas petugas nyuruh saya duduk di kursi ber-background merah cerah ceria. "Liat kamera ya mbak" aba2 si mas petugas. Sekali aja jepretnya. Sayang ga boleh nambah. Padahal pgn ganti pose. Berharap bisa milih mana yg bagus. Mengingat KTP ini kan berlaku 5 tahun. Kalo fotonya ga ciamik kan bikin bete..

Trus saya disuruh maju duduk di depan PC-nya si mas petugas. 4 jari kanan saya (telunjuk. Tengah, manis, kelingking) disuruh ditaruh diatas scanner. Berikutnya giliran 2 jempol saya. Disusul dgn masing2 jari dari tangan kanan-kiri. Tak lupa si mas bantuin menekan jari2 saya. So sweet deh #eh salah fokus.

Selanjutnya 2x tanda tangan dan scan bola mata kanan-kiri. "Buka yg lebar ya mbak" kata si mas. Melotot dong berarti ya..

That's it. Proses kelarnya eKTP brp lama? 3 bulan saja (ga bisa cepet kayak bikin SIM ya??).

Pas liat2 KTP saya yg sekarang, valid date-nya abis bulan depan di ulang tahun saya. Tapi eKTP kira2 jadinya 3 bulan lg. Kalo kata org kelurahan, saya hrs ngurus perpanjang KTP jg. Hadeeehhh betapa ga ringkasnya. Udah bikin eKTP, hrs perpanjang KTP lama pula. Padahal saya udah di kelurahan, tp tetep harus pulang lagi dan minta surat pengantar RT RW utk perpanjang KTP. Dipikir2, daripada nunda perpanjang bulan depan dan harus curi-curi waktu lg, ya udahlah kepalang tanggung selesaiin aja secara adat hari ini.

Untung akrab dan ga susah dpt surat pengantarnya. Kebetulan RT RW nya ada semua duduk manis di rumah masing2. Balik lg ke kelurahan tercinta. Ga lama udah giliran saya foto. Trus scanning semua jari tangan kanan-kiri. Tadaaa...keluarlah print out KTP baru dan tanda tangan. Tapi kecewa liat fotonya kurang maksimal. Demi hasil foto yg paripurna, saya ngerayu mbak dan mas petugas biar dikasih kesempatan foto lg. GA BOLEH kata mereka krn udah di-print. Mbak dan mas petugas ngehibur kalo foto saya udah cantik kok. "Tenang aja mbak, ntar kalo udah di-press (laminating) jg keliatan bagus kok", mas-nya menghibur. Yah nice try mas. Masih kata dia, lagian 3 bulan lg kan eKTP kelar. Iya kalo tepat waktu. Kalo enggak, gimana? Soalnya td mbak petugasnya sempet bilang "iya ini hrs bikin perpanjang KTP yg biasa dulu, karena kan belum jelas kapan eKTP jadinya". Owalaaahhh..

Janjinya sih besok KTP konvensional saya jadi. Eeehh ternyata ga lama nama saya dipanggil. KTP kelar. Eh bener jg kata mas-nya, setelah dilaminating lumayan juga. Atau jgn2 saya udah dihipnotis mas-nya ya...hihihihi

Comments

Popular Posts