Arti Sukses

Ide tulisan ini dari sepercik percakapan keluarga besar di suatu malam. Thanks to Mbak Ki, sepupu, yg dari salah satu topik obrolannya saya dalami lg di coret2an kali ini hehe..

Setiap orang ingin sukses. Tapi sukses bermetamorfosa secara berbeda di tiap individu. Kata sukses menjelma beragam arti.

Kalau saya mengartikan sukses dalam dua arti: cukup dan pas.
Cukup makan, cukup tidur, cukup secara finansial. Kenapa cukup? Karena segala sesuatu yg berlebihan efeknya ga baik. Contoh, kelebihan makan alias super duper kekenyangan berakibat sakit perut. Kebanyakan tidur menyebabkan sakit badan, badan lemes, dan ga bersemangat. Jadi, yang cukup-cukup aja lah.

Pas? Pas butek suntuk, bisa refreshing ke tempat2 wisata dalam dan luar negeri. Pas pengen beli mobil baru, ada rejeki. Pas pengen naik haji bareng keluarga, ada aja jalannya. Sama aja kayak baju. Kalau pas sama ukuran badan kita kan enak tuh. Ga kegedean atau kekecilan. Kesimpulannya, semua indah dan tepat pada waktunya.

Definisi sukses saya yakin berbeda antara saya dengan kamu, saya dengan dia, saya dengan kalian, dan saya dengan mereka. Tapi intinya cuma satu. Sukses akan bermuara pada kebahagiaan yang mana ga bisa dibeli dengan uang. Bahagia pun dipecah lagi dalam 2 sisi: bahagia dunia dan akhirat. Terkadang kebahagiaan yg jenis kedua ini yg sering terlupa saking serunya manusia mengejar kebahagiaan duniawi. Mulai sekarang ga ada salahnya kan untuk berusaha menyeimbangkannya ;)

Comments

Popular Posts