Menulis

Seru deh kalo baca-baca blog orang-orang. Kagum baca tulisan para blogger. Ga mudah lho untuk menuangkan ide di kepala dan merangkainya jadi kalimat dan akhirnya berujung pada hasil akhir berupa tulisan yang bisa dinikmati pribadi atau orang lain. Syukur-syukur bisa bermanfaat.

Saya jadi inget diary pertama saya (di postingan saya sebelumnya udah sempet dibahas dikit). Menulis butuh timing yang tepat. Tapi ga jarang juga bisa spontan.

Waktu kuliah di Depok, dosen Bahasa Indonesia kasih tugas menulis yang harus dikumpulkan seminggu kemudian. Pas dikumpulkan ga ada masalah. Sampai saat pembagian tulisan yang udah dinilai. Kertas folio saya ditambahi sedikit pesan dari sang dosen yang isinya kurang lebih mengatakan tulisan saya bagus cuma sayang sebaiknya tidak menyadur karangan orang. Jadi, dosen saya itu mengira saya menyadur dari buku seorang penulis luar negeri. Gondok banget rasanya. Jelas-jelas saya semedi cari inspirasi tulisan lumayan menyita waktu. Begitu jadi tulisan, dibilang menyadur. Tau buku yang dimaksud dosen aja ga pernah. Apalagi baca. Berarti, pemikiran saya sama penulis itu sama dong ya? Ya udah deh, ambil segi positifnya aja. Berarti saya punya bakat jadi penulis terkenal sekaliber penulis itu (aamiin). Hihihi pede jaya.

Setelah kuliah di Depok, saya melanjutkan kuliah di Jakarta. Di kampus saya yang ini ga ada mata kuliah Bahasa Indonesia. Tapi ada dosen salah satu mata kuliah yang saat pembagian hasil ujian di kelas nanya siapa yang namanya Niken. Aduh rasanya deg-degan. Jangan-jangan nilai saya jeblok atau mau dituduh nyontek atau apa lah.. Sambil deg-degan saya angkat tangan kanan saya. Ga disangka, pak dosen itu senyum sambil bilang kalo saya punya bakat jadi penulis sembari pegang kertas jawaban ujian saya. Rupanya dia terkesan sama essay saya. Fiuuuuhhh..lega ternyata saya dicari bukan karena mau dimarah-marahin dituduh nyontek atau bernilai terendah seperti yang terlintas di benak saya.


Ok, dua dosen saya dulu membuat saya sadar kalau saya punya kemampuan untuk menulis. Tapi kalo dilihat-lihat dari tulisan saya, biasa-biasa aja (sambil baca-baca blog ini). Biasa-biasa atau luar biasa ga masalah bagi saya. Yang penting saya bahagia bisa bebas menuangkan ide dalam bentuk tulisan.

Comments

Popular Posts