Saya Cinta Buku

Waktu kecil, almarhum eyang kakung saya sering sekali mendongengi saya kalau mau tidur. Kisah si kancil dan cindil laras menjadi favorit saya. Karena seringnya didongengi, saya jadi antusias sama yang namanya buku. Baik itu membaca atau menulis buku. Terima kasih Yangkung :*

Dulu (mulai saya bisa menulis sampai kuliah), saya hobi banget nulis diary. Setiap hari apapun kejadian yang saya alami, saya tuang di diary. Diary pertama saya bernama Cathleya. Saya ambil dari nama bunga. Hasil seneng baca. Yang paling inget adalah ketika saya masih sekitar kelas 1 SD. Saya kan sering tuh ke Gramedia Matraman (dekat kantor mama). Tiap ikut mama ke kantor, saya ga pernah absen mengunjungi Gramedia. Bisa betah tuh berjam-jam ngubek2 toko buku n baca beberapa bukunya. Dan yg selalu saya ajak utk nemenin adalah tante S temennya mama. Sori ya tante,,ngerepotin hihi..

Sampe rumah, saya terbayang-bayang sebuah buku judulnya Madita & Lisbet. Saya tulis keinginan saya punya buku itu di diary. Pas di halaman wish list saya itu terbaca sama mama. Suatu hari seneng banget karena dapet yg saya inginkan. Buku itu buku pertama saya. Berulang-ulang saya baca dan kemana-mana pasti saya bawa. Bahkan ke wc aja dibawa.

Sejak itu buku-buku koleksi saya bertambah sampai sekarang. Saya bisa kalap beli banyak buku dibanding baju. Pernahkah mencium aroma buku baru? Saya suka sekali aromanya. Rasanya begitu hidup. Dan aroma toko buku seperti salah satu aroma surga.

Bobo adalah majalah langganan saya yang pertama. Begitu mulai remaja, ganti Gadis. Kalau majalah sih, bagiannya mama yang bayar. Kalau novel, biasanya saya beli dari hasil menabung. Bagaimana dengan komik? Saya suka juga, tapi ga hobi. Bagi saya, baca komik kurang asik karena cepat habis.

Saya cinta buku. Makanya, buku-buku koleksi saya, sebisa mungkin disampuli plastik. Dulu di Gramedia ada jasa penyampulan buku. Saya bisa marah kalau ada yg pinjam buku saya tapi ga merawat. Misalkan, buku ketumpahan makanan atau minuman, kertas atau cover kelipet sembarangan.

Semakin dewasa, pas saya mulai kuliah di Depok, saya menemukan satu tempat yang asik utk belanja buku. Sebuah kedai pinggir jalan arah ke kampus dari kost saya. Nama kedai buku itu Kedai Buku Cak Tarno. Cak Tarno itu penampilannya sederhana, masih muda, tapi cerdas. Kenapa saya bisa bilang cerdas? Dia sering merekomendasikan buku mana yang bagus dan bisa membandingkan dgn buku lain yang sejenis. Dia bilang sih cuma baca dari sinopsisnya. Buku-buku yang dijual pun berbobot (kategori berat). Kami para mahasiswa pun bisa me-request buku. Harga? Ada diskonnya. Yang jelas, lebih miring dibanding di toko buku. Sesuai dgn kocek mahasiswa. Dan yang paling saya suka, Cak Tarno memberi servis penyampulan buku \(´▽`)/ pas lah sama visi saya hihihi. Dari Cak Tarno lah saya belajar trik menyampul buku dgn plastik yang cepat dan rapih. Alhasil, saya bergegas ke toko buku beli plastik meteran gulungan dan mempraktikkan ilmu baru itu pada buku-buku koleksi saya. Buku-buku itu adalah harta tak ternilai. Percaya ga? Kalau saya mencatat setiap buku yg baru saya beli di lembar catatan. Setiap buku baru pasti saya tandatangani dan beri tanggal pembelian. Kalau ada yang pinjam buku pun saya catat namanya siapa dan buku apa saja yg dipinjam. Waktu SD, saya malah sempat buka penyewaan majalah Bobo di teras rumah.

Buku adalah jendela dunia. Ketika saya sedih, salah satu pelampiasannya adalah buku. Buku bisa memberikan ketenangan. Buku mengenalkan saya pada kata-kata baru. Buku mengajak saya merasakan penderitaan orang lain. Buku membawa saya ikut melihat berbagai tempat di dunia. Saya cinta buku.

Comments

Popular Posts