Selamat Hari Lahir

Termenung..
Terpekur..
Merenung..
Melanglang buana mencari jati diri..

Selamat hari lahir untukku..

Terkadang terbersit pertanyaan mengapa dalam bahasa Indonesia dikenal dgn "selamat ulang tahun"? Sementara dalam bahasa Inggris "happy birthday"..

Kalau sedikit di-break down secara harafiah kata per kata:
Happy = bahagia,
Birthday = hari lahir.
Berarti maksudnya semacam doa: hari lahir yg bahagia.

Nah, kalau di bahasa Indonesia:
Selamat = ucapan utk perayaan. Tapi bisa juga semacam doa agar selamat.
Ulang tahun = ini yg saya agak bingung. Kenapa harus ulang tahun ya? Tahunnya diulang gitu?
Berarti secara kasat mata, jg semacam doa supaya di ulang tahun/ tahun yg diulang (whatever), si empunya ultah mendapat keselamatan.

Well, forget it..itu hanya pemikiran saya yg blm diuji secara empiris.

Tapi yg jelas, hari ini umur saya berubah hehe..
Terserah apapun itu sebutannya. Mau happy birthday, selamat ulang tahun, selamat milad, zum Geburtstag viel Glück, gefeliciteerd van je verjardag, atau bon anniversaire.

Bertahun-tahun, sebisa mungkin saya tetap terjaga di malam pergantian hari menuju perubahan umur saya. Untuk apa? Apalagi kalau bukan untuk merefleksi apa saja yg sudah saya lakukan dan alami setahun terakhir. Diakhiri dgn doa berisi apa saja yg saya harapkan terwujud untuk setahun ke depan..

Pasti sama lah dgn orang lain..tapi tetep aja ritual tahunan ini dirasa wajib dan kalau bisa tak terlewatkan..

Ada rasa yg hilang kalau ga dilakukan. Something's missing..incomplete..

I do thank God almighty for the blessing. For all the love I have.

That's all..I gotta pray more ;)

Comments

Popular Posts