Kamus Bocil

Menjadi orangtua adalah pilihan. Adalah pilihan Sang Pencipta untuk menentukan siapa yang dipercayai-Nya untuk menjadi orangtua. Ketika terpilih, di situlah komitmen manusia diuji untuk menjaga, merawat, melindungi, mendidik dan membesarkan titipan-Nya sebaik mungkin. Setiap hari adalah pembelajaran yang ujiannya bisa terjadi kapan saja. Semua informasi yang diserap orangtua dari berbagai sumber mulai dari mulut ke mulut, majalah parenting, buku hingga internet kerap pupus dengan kejutan-kejutan si kecil. Setiap anak unik. Tidak ada yang sama satu dengan yang lain. Metode yang diterapkan di anak A tidak bisa serta-merta membuahkan hasil yang sama di anak B. Ternyata benar bila anak kecil dianalogikan dengan spons basah yang mampu menyerap cairan di sekitarnya. Begitu pula anak kecil. Apa yang dilihat, didengar dan dirasakannya terserap dengan sempurna. Bahkan "spons basah" itu mulai menyerap sejak masih di rahim berselimutkan air ketuban dan berbantal plasenta.

Mendengar celotehan dan pertanyaan batita selalu mengundang senyum dan tawa hingga membuat tercengang. Tak jarang muncul kata-kata tingkat tinggi yang membuat berpikir dari mana dia menyerapnya. Itu belum seberapa bila ditambah dengan pengucapan yang belum sempurna. Tapi yakin lah, batita hanya perlu waktu sebentar untuk bisa bertransformasi lagi hingga pengucapan mereka menjadi sempurna.

Untuk beberapa kata, batita sering mengalami kesulutan pengucapan yang akhirnya muncul lah kata-kata ajaib dari Bahasa Planet lain yang menguji daya imajinasi dan nalar orangtua jadi semacam ikut Kuis Tebak Kata. Ini ada beberapa kata yang diucapkan bocil (bocah kecil) yang masih batita kesayangan saya:

Injedot: Inside Out (film animasi)
Kimion: Minion
Kimiwin: penguin
Kemawen: pengamen
Emendiben: Mission Impossible
Tom Kis: Tom Cruise
Wawepen: wiper
Fatali: Taman Safari
Kopen: koper
Oten tania: Hotel Transylvania
Oten cwis ben: Hotel Swissbel
Ola kiti: hello kitty
Katu ledit: kartu kredit
Letop: laptop
Mobi amobet: baby I'm worth it (lirik lagunya 5th Harmony)
Kesbon: skateboard
Liten plis: Little Prince (film animasi)
Woten: wortel
Ekepci: KFC
Pisdon: spidol
Gogok gigi: gosok gigi
Mitik: lipstik
Fofeson: profesor
Lolenjo: Lorenzo (Pembalap Jorge Lorenzo)
Loti: Rossi (Pembalap Valentino Rossi)
Makues: Marquez (Pembalap Marc Marquez)
Esdayen: hair dryer

Nanti kalo saya ingat lagi atau kebetulan bocil mengeluarkan perbendaharaan katanya lagi, saya tambah lagi daftarnya.

Comments

Popular Posts